5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membeli Polis Asuransi

Posted by Penulis Blog on Saturday, November 19, 2022

 

Asuransi Kesehatan Indonesia


Membeli asuransi kesehatan Indonesia memang penting karena dengan adanya asuransi dapat melindungi diri dan keluarga dari kejadian yang tidak diinginkan di masa yang akan datang, seperti sakit, misalnya. Bukan hanya itu, memiliki asuransi juga akan membuat hidup lebih tenang karena mendapat tanggungan dari pihak asuransi. 


Lantas, apakah Anda berencana membeli polis asuransi dalam waktu dekat? Jika ya, di saat membeli asuransi jangan sampai melakukan beberapa kesalahan berikut berdasarkan situs QM Financial, ya. 


Tergiur promo tanpa mempelajarinya

Hal pertama yang sering kali menjadi awal mula timbulnya masalah adalah terlanjur tergiur promo asuransi yang ditawarkan tanpa benar-benar mempelajarinya dan mencari tahu lebih lanjut soal produk asuransinya. Apalagi, jika promo yang ditawarkan berbentuk cashback hingga potongan premi, calon nasabah potesial umumnya akan merasa tergesa-gesa untuk segera membeli polis tanpa benar-benar membaca dengan teliti. 


Untuk mengatasi hal ini, luangkan waktu sejenak untuk kembali membaca ulang ketentuan yang ada di polis hingga melakukan konsultasi dengan agen asuransi terkait.


Membeli asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan

Banyak calon nasabah yang belum memikirkan dengan matang jenis asuransi mana yang sebenarnya sedang mereka butuhkan sehingga asal ketika memilih polis. Padahal, melakukan cara ini sangat tidak disarankan. Untuk itu, kenali terlebih dahulu kebutuhan Anda, siapa saja yang membutuhkan perlindungan, serta berapa lama perlindungan diberikan. 


Dengan mengenali kebutuhan akan perlindungan, Anda tentu dapat memilih dengan tepat jenis asuransi yang bisa dibeli, mengingat banyaknya jenis asuransi yang dapat dijadikan pilihan. 


Berbohong soal kondisi kesehatan dan keuangan

Hal lainnya yang jangan sampai dilakukan ketika membeli polis asuransi yaitu berbohong tidak hanya terkait kondisi kesehatan namun juga kondisi keuangan. Kedua hal ini, jika dilakukan akan berdampak pada masalah di kemudian hari. Bahkan, perusahaan bisa menolak klaim yang diajukan oleh nasabah jika mereka menemukan kebohongan terkait dengan kondisi kesehatan dan keuangan yang sudah tercatat. 


Untuk itu, berikan informasi yang sebenar-benarnya saat membeli polis asuransi agar manfaat asuransi dapat digunakan dengan maksimal.


Malas membaca polis secara mendetail

Terakhir tentu yang paling sering dilakukan oleh para nasabah, yakni malas membaca polis secara mendetail dan menganggap beberapa polis asuransi memiliki aturan yang sama atau hanya membaca sebagian saja. Padahal, membaca polis dengan detail akan membantu Anda menghindari dari kondisi gagal klaim di kemudian hari.


Itu dia beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari saat membeli polis asuransi. Manfaatkan informasi sebanyak-banyaknya untuk mencari tahu lebih dalam terkait  asuransi yang hendak dibeli, ya. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Please Comment About LED ?